Forum Group Discussion Pedoman OP Ringnet Barrier dan Drainase Bawah Permukaan


Forum Group Discussion Pedoman OP Ringnet Barrier dan Drainase Bawah Permukaan

Pada tanggal 5 - 6 November 2019 kemarin, bertempat di Innside by Melia Hotel, telah dilaksanakan FGD (Forum Group Discussion) yang membahas mengenai pedoman-pedoman yang disusun oleh peneliti dari Balai Litbang Sabo.
Pada tanggal 5 November 2019 membahas Pedoman Operasional dan Pemeliharaan Ringnet Barrier untuk Pengendalian Aliran Debris yang disusun oleh tim yang dipimpin oleh Ardian Alfianto dan dihadiri oleh narasumber dari BWS Brantas yaitu Bapak Eko Hadisiswoyo.

  

Pada tanggal 6 November 2019 membahas Pedoman Desain Drainase Bawah Permukaan Untuk Pengendalian Stabilitas Lereng, yang disusun oleh tim yang dipimpin oleh Moh. Dedy Munir. acara ini dihadiri oleh narasumber dari pihak akademisi yaitu Bapak Ahmad Rifai, Fikri Faris dari UGM dan Harya Dananjaya dari UNS. Dari pihak praktisi terutama pemerintah daerah yang hadir mengikuti adalah dari Dinas PU Banjarnegara yaitu bapak Arif Setyawan dan dari Dinas Pu Purbalingga dihadiri oleh bapak Gunawan Wibisono.

   

Tidak lupa dari Pusat Litbang Sumberdaya Air di Bandung mengirimkan tiga evaluator yaitu Bapak Supardiyono Sobirin, Ibu Sri Heti Susantin, dan Bapak Djoko Mudjihardjo yang ikut memberikan tanggapan serta saran untuk pedoman yang tengah disusun ini.
Dengan dilaksanakannya FGD ini semoga bisa lebih meningkatkan kualitas pedoman yang disusun oleh Balai Litbang Sabo dalam hal desain drainase bawah permukaan dan operasional/Pemeliharaan Ringnet Barrier.