Kunjungan Mahasiswa Fakultas Teknis Universitas Jenderal Achmad Yani, Bandung


Kunjungan Mahasiswa Fakultas Teknis Universitas Jenderal Achmad Yani, Bandung

Dalam rangka Pelaksanaan Program Terpadu Pengenalan Profesi dan Studi bagi Mahasiswa Semester II Program Studi Sarjana Jurusan Teknik Sipil Universitas Achmad Yani (UNYANI), Bandung mengunjungi Balai Litbang Sabo pada Rabu 3 Juli 2019. Kunjungan ini dihadiri sekitar 153 peserta mahasiswa dan 10 dosen pendamping beserta staf. Rombongan diterima dan disambut oleh Teni Ripatin, S.Sos (Ka. Subbag. TU) sebagai perwakilian dari Kepala Balai Litbang Sabo beserta staf peneliti dan staf teknis lainnya. Rombongan kunjungan secara bergiliran selain mengunjungi Laboratorium Indoor Lahar, Laboratorium Hidraulika, Ruang Crisis Center juga ke lapangan di bangunan sabo GE-0 Bronggang dan GE-Gendingan.

 Di Laboratorium Lahar, rombongan diberikan pengenalan tentang konsep sabodam beserta simulasinya. Selain itu, simulasi hujan buatan dan simulasi aliran flume uji model lahar juga dijelaskan kepada peserta rombongan. Adanya sesi tanya jawab singkat antara peserta rombongan dengan pemateri membuat acara semakin menarik. Peserta rombongan kemudian mengunjungi Laboratorium Hidraulika. Di laboratorium ini, terdapat uji model hidraulik (UMH) dari pelanggan eksternal, sehingga peserta rombongan dapat melihat running UMH tersebut. Kunjungan terakhir di komplek Balai Litbang Sabo adalah di Ruang Crisis Center. Ruang Crisis Center ini merupakan tempat untuk memonitor  terjadinya bencana longsor dan banjir lahar yang terjadi di seluruh Indonesia.

Sebelum peserta rombongan beralih ke kunjungan bangunan sabodam di GE-0 Bronggang dan GE-Gendingan, dilakukan pemberian kenang-kenangan oleh Ka. Subbag. TU UNYANI, Bandung kepada Teni Ripatin, S.Sos selaku perwakilan dari Balai Litbang Sabo.

Paparan materi tentang konsep sabodam

Salah satu peserta berpartisipasi pada sesi tanya jawab singkat

Penjelasan tentang forecasting bencana banjir debris dan longsor oleh staf teknik di Ruang Crisis Centre

Penjelasan tentang running uji model hidarulik (UMH) dari salah satu pelanggan eksternal oleh staf laboratorium di Laboratorium Hidraulika

Penyerahan kenang-kenangan oleh Ka. subbag. TU UNYANI kepada Teni Ripatin, S.Sos (Ka. Subbag. TU Balai Litbang Sabo)

Kunjungan rombongan peserta Program Terpadu Pengenalan Profesi, Fakultas Teknik UNYANI, Bandung di bangunan sabo GE-0 Bronggang