Penerapan Teknologi Beton Serat Baja pada Selimut Sabodam


Penerapan Teknologi Beton Serat Baja pada Selimut Sabodam

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan (2017) tentang beton serat baja oleh Balai Litbang Sabo, terbukti bahwa beton serat baja memiliki keunggulan yaitu dapat menaikan kekuatan beton terhadap gaya tekan, lentur, abrasi dan benturan/impak dibandingkan dengan beton normal. Secara umum, kemampuan beton serat baja yang dapat meningkatkan ketahanan terhadap impak atau beban dinamik , lentur, penyerapan energi, serta mencegah retak dapat menjadi salah satu solusi untuk diterapkan pada infrastruktur keairan (sabo dam, spillway).

Teknologi ini telah diterapkan di Ternate, Maluku Utara tepatnya di Sungai Togurara, Gunungapi Gamalama. Lokasi penerapan dipilih berdasarkan hasil kesapakatan antara Balai Litbang Sabo dan Balai Wilayah Sungai Maluku Utara bahwa pada tahun 2018 akan dibangun 6 (enam) Sabo Dam pada alur Sungai Togurara. Dari 6 (enam) bangunan tersebut dipilih 1 (satu) bangunan yang berada di paling hulu yaitu Sabo Dam TG.D21 tepatnya pada koordinat x: 318202,560 Y: 90495,851 (Proyeksi UTM 52 N, WGS 1984) dan berada diketinggian elevasi 650 mdpl.

Penerapan beton serat baja direncanakan pada bagian main dam sebelah hulu bagian tubuh bendung utama, ditentukan selimut beton serat baja, dengan ketebalan 40 cm bagian slit. Hal ini direncanakan karena pada bagian tersebut rentan mengalami kerusakan akibat gaya impak dari aliran debris sedangkan pada tubuh bendung bagian hulu bagian bawah slit direncanakan ketebalan sebesar 30 cm. Selain itu, tubuh bendung main dam sebelah hilir yang langsung terhubung dengan kolam olak (apron) didesain dengan ketebalan 30 cm begitu pula pada bagian mercu bendung main dam.

Kemudian pada lantai kolam olak (apron) dididesain dengan ketebalan 40 cm. Untuk bagian tubuh bendung subdam sebelah hulu tubuh sub dam yakni dari mercu bendung hingga terhubung apron sebelah hulu bangunan sub dam didesain dengan ketebalan 30 cm. Pada bagian hilir tubuh bendung subdam selimut beton serat baja tidak ditentukan secara menyeluruh, hanya  1,00 m dari atas mercu.